CV. Adi Perkasa: Proses Produksi

9.13.2008

Proses Produksi

Pembuatan produk yang akan dilaksanakan memerlukan dua macam bahan yaitu bahan baku dan bahan pembantu. Bahan baku terdiri dari kertas yang dicetak dan tinta yang digunakan sebagai bahan pewarna atau untuk tulisan maupun gambar pada cetakan.

Bahan pembantu terdiri dari beberapa macam antara lain :
1. Plate
Digunakan sebagai alat yang di masukkan kedalam mesin cetak, yang menimbulkan tulisan atau gambar. Alat ini terbuat dari alumunium.
2. Developer
Digunakan sebagai bahan pencuci plate yang berupa larutan yang dicampur dengan air sebagai penetral larutan.
3. Gum
Digunakan untuk melapisi plate yang sudah dicuci dan dikeringkan agar terhindar dari korosi selama dalam penyimpanan.
4. Korektor
Digunakan untuk membersihkan plate yang sudah dicuci bila ada kotoran yang menempel pada plate. Kotoran ini berasal dari proses penyetingan maupun berasal dari kaca pada mesin plate.

Proses Kerja di CV. Adi Perkasa

1. Koreksi Naskah
Tahap ini merupakan tahap awal dari proses produksi dimana dalam tahap ini diadakan koreksi naskah yang akan dicetak.
2. Setting
Dalam tahap ini naskah yang sudah dikoreksi disusun menjadi kalimat-kalimat yang pas dan sesuai untuk kemudian diketik dan dibuat gambarnya (bila naskah tersebut memerlukan gambar).
3. Montage
Setelah diketik dan dibuat gambarnya maka hasil proses pada bagian ini untuk kemudian dijadikan film. Untuk membuat filmnya digunakan mesin foto printing untuk memfoto naskah-naskah yang sudah jadi dan telah disusun halamannya.
4. Plate making
Film yang sudah ada kemudian dicetak di atas plate sebagai master untuk dilakukan proses cetak. Alat yang digunakan adalah mesin plat maker.
5. Pencucian Plate
Dalam tahap ini plate yang sudah dicetak kemudian dibersihkan agar mendapatkan hasil cetakan yang baik. Alat yang digunakan adalah larutan-larutan kimia yaitu berupa Developer dan korektor.
6. Cetak
Tahap selanjutnya adalah tahap pencetakan, pada tahap ini yang digunakan mesin-mesin produksi yang mempunyai kecepatan tinggi sehingga didapatkan hasil yang maksimal baik dalam jumlah maupun kualitas.
7. Finisihing
Tahap ini terdiri dari pengesatan jumlah halaman yang ditentukan, penyampulan dan penjilidan dengana cara manual yaitu dengan menggunakan alat jeglok.
8. Pemotongan
Untuk mendapatkan buku yang rapi, setelah penjilidan kemudian dilakukan proses pemotongan pada bagian-bagian yang tidak rata. Pada tahap inilah produk berupa buku sudah menjadi produk jadi.
9. Pengepakan
Tujuan dari pengepakan ini adalah melindungi produk dari hal-hal yang menyebabkan kerusakan pada produk, waktu produk tersebut dikirim kepada konsumen.

Peralatan yang digunakan dalam proses produksi antara lain :
a. Mesin Cetak
Untuk mencetak naskah-naskah yang diterbitkan.
Mesin cetak yang dimiliki CV. Adi Perkasa terdiri dari :
- Toko
Untuk mencetak kertas dalam ukuran folio
- Hamada 700
Untuk mencetak kertas isi dalam buku
- Hamada 800
Untuk memcetak kertas cover buku
- Mesin Solna 2 warna
Untuk mempercepat pencetakan cover buku.
- Mesin Web
Untuk mempercepat cetakan isi buku, dan mesin bisa mencetak 10 ribu eksemplar dalam satu hari.

b. Mesin plate
Adalah mesin yang memproses plate yang siap cetak. Dengan mesin plate ini maka proses penyiapan plate menjadi plate siap cetak kira-kira membutuhkan waktu selama 3 menit.

c. Mesin potong
Gunanya untuk memotong lembar kertas yang sudah ditentukan.

0 komentar: